Modify The Default Keyboard Controller

Assalamu'alaikum. Linux sehat kembali lagi. Kali ini saya akan memposting tentang sedikit aplikasi yang lebih memanjakan diri saya ketika menggunakan linux, yaitu "gconf-editor". Dia adalah aplikasi yang memanage tentang shorcut-shorcut perintah yang ada pada linux baik yang sudah ada baik yang belum ada. Seperti itulah penjelasan singkatnya. Di Artikel yang singkat ini, saya cuman akan share tentang instalasi dan penggunakan dari "gconf-editor" sendiri. Baik, berikut langkah-langkah instalasinya :
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
  1. Buka console dan masuk sebagai root, atau bisa menggunakan perintah sudo. seperti pengguna turunan debian pada umumnya.
    - sudo apt-get install gconf-editor
  2. Setelah proses instalasi selelasi. Aplikasi bisa langsung dipanggil menggunakan terminal/console. Berikut adalah cara pemanggilanya.
    - gconf-edit&
    ket: menambahkan "&" bertujuan agar proses dapat berjalan pada background.
  3. Untuk mengedit hal yang berhubungan dengan desktop pada umumnya setelah membukan aplikasi gconf-editor ini. Masuk pada bagian "apps" ->"metacity" -> "global-keyblindings"
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat bagi temen-temen sekalian. Amin. :)

Kalau pengen nanya,ngasih saran, atau pengen share. bisa hubungi saya di :
email : mqumaster@gmail.com 
facebook : www.facebook.com/muhammad.qori.untiarasani 
twitter : @muhqori_u

0 comments: