Cara Membuat Partisi Sistem Operasi Lebih Dari Satu

Open source sehat.

Disini saya cuman mau share aja bagaimana cara mengatur partisi untuk komputer yang mau diinstall sistem operasi lebih dari satu, 5 misalnya. Nah tentunya kita tidak bisa hanya memartisi komputer secara biasa-biasa saja, karena ada standarisasi jenis/tipe dari Partisi tersebut, Primary partition dan Extended > Logical partition. Penjelasan mengenai keduanya adalah
  • Primary partition adalah partisi utama yang pada umumnya digunakan sebagai sistem operasi.
  • Logical partition adalah partisi secondary yang biasa difungsikan sebagai penyimpanan data.
  • Extended partition adalah partisi ibu yang menampung partisi logical.
Untuk penjelasannya seperti diatas itu, tapi jika kita mengitkuti standarisasi dari tipe dan jenis partition OS yang nantinya bisa kita install ke dalam komputer akan terbatas juga, karena Primary partition memiliki maksimal jumlah 4 partisi bertipe Primary partition, sehingga setelah itu kita tidak diperbolehkan lagi untuk membuat Primary partition, bukankah itu sangat tida menyenangkan. Nah untuk mengetahui bagaimana langkah yang tepat untuk meyikapi permasalah diatas, mari ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Disini saya hanya memberikan arahan. Tentang jenis software partisi, anda bebas menggunakan apa saja, tapi saya sarankan yang open source, GParted itu sudah bagus. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
  1. Kondisi awal harddisk kosong, misal 360 GB. Kita mau partisi sebanyak 6 partisi misalnya
  2. Buat partisi dengan size 60 GB, dengan partisi primary, digunakan untuk keperluan OS yg sering anda gunakan
  3. Masih tersisa 300 GB
  4. Buat Partisi dengan tipe Extended Partition
  5. Setelah sisa 300 GB tadi sudah kita buat menjadi extended, maka sekarang kita bebas untuk membuat berapapun partisi dengan tipe logical. Karena partisi tipe logical tidak dibatasi jumlahnya.
Mungkin cukup disini saja, semoga bisa membantu. Boleh tulis ulang di blog atau web anda. tapi tetap ikutkan blog saya. Terima kasih
E-mail : rikovulcano@yahoo.com

0 comments: